Cara Mendapatkan SBU (Sertifikat Badan Usaha)

Salah satu persyaratan yang harus anda miliki untuk mendapatkan SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi adalah dengan memiliki Sertifikat Badan Usaha atau SBU, untuk itu akan kami berikan beberapa informasi cara-cara untuk mendapatkan Sertifikat Badan Usaha tersebut.

SBU adalah sebuah sertifikat yang dikeluarkan oleh LPJK daerah setempat dengan memberikan penilaian ataupun verifikasi dari beberapa dokumen persyaratan yang telah dilengkapi oleh badan usaha. Untuk itu akan kami informasikan kepada anda terkait apa saja persyaratan yang harus anda miliki untuk mendapatkan Sertifikat Badan Usaha.

Persyaratan Untuk Mendapatkan SBU

Untuk mendapatkan SBU caranya anda harus menyiapkan beberapa persyaratan yang kami tulis di bawah ini. setelah melengkapi segala persyaratan anda bisa datang ke kantor Asosiasi Badan Usaha di propinsi dimana perusahaan anda berada. Setelah seluruh persyaratan terverifikasi nanti Asosiasi akan memprosesnya ke Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Berikut adalah syarat-syarat mengajukan SBU.

  1. Memiliki KTA
  2. Memiliki Akte Pendirian Usaha
  3. Neraca dan Laporan Keuangan dari Perusahaan Anda
  4. NPWP
  5. PKP atau Pengusaha Kena Pajak
  6. SIUP
  7. SK Pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM
  8. Surat Keterangan Ketrampilan atau Surat Keterangan Keahlian
  9. SK dari domisili Badan Usaha
  10. Tanda Daftar Perusahaan
  11. Kartu Tanda Penduduk dari Pengurus Perusahaan
  12. KK dari Penanggungjawab Perusahaan
  13. Pas Foto 4 lembar, ukuran 4×6
  14. Struktur Organisasi Perusahaan

Jika perusahaan telah mempunyai SKA, barulah dapat melanjutkan untuk mengurus SBU. Tanpa adanya SKA ini perusahaan tidak dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Sertifikat Badan Usaha. Untuk itu sebaiknya anda mengurus terlebih dahulu SKA atau Sertifikasi Tenaga Ahli.

Untuk mendapatkan SKA dibutuhkan waktu sekitar 1 bulan tergantung Asosiasi yang memprosesnya. Tahap awalnya, tenaga ahli mengikuti interview dan training melalui jadwal yang sudah ditentukan asosiasi profesi. Kemudian setelah dinyatakan lulus, maka pihak asosiasi tersebut akan mendaftarkan anda pada LPJK atau Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi.

Selanjutnya, LPJK akan mengeluarkan SKA atau Sertifikasi Tenaga Ahli yang tentunya disesuaikan bidang yang anda pilih. Selain SKA, anda juga wajib menjadi anggota dari asosiasi, terakreditasi LPJK. Tahap selanjutnya adalah membayar kepengurusan SBU dengan persyaratan seperti yang telah kami jelaskan di atas. Mengurus SBU bisa sampai 1 hingga 2 bulan.

Kegunaan SBU atau Sertifikat Badan Usaha

Sertifikat ini penting dimiliki oleh perusahaan sebagai acuan di dalam keikutsertaan pelelangan pekerjaan atau prakualifikasi tender pengadaan barang dan juga jasa yang berasal dari BUMN , Instansi Pemerintah ataupun proyek yang berada di lingkungan Pertambangan Gas, Minyak, dan juga Panas Bumi yang tentunya ada di Indonesia.

Macam-macam SBU yang Perlu Anda Ketahui

Sertifikat Badan Usaha atau SBU yang dimiliki oleh Jasa Konstruksi yang diterbitkan oleh LPJK atau lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan SBU terdiri dari tiga macam seperti penjelasan kami berikut ini.

  1. SBU untuk Jasa Pelaksana Konstruksi
  2. SBU untuk Perencana dan Pengawas Konstruksi
  3. SBU untuk Jasa Konstruksi Terintegrasi

Itulah penjelasan kami mengenai cara mendapatkan Sertifikat Badan Usaha supaya anda lebih mudah dalam mengurusnya. Anda tinggal mempersiapkan beberapa dokumen yang kami sebutkan di atas. Dengan adanya dokumen lengkap, tentu saja kepengurusan SBU akan semakin mudah dan lancar. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut, silakan hubungi Jasa Pembuatan SBU.