Perbedaan ISO Akreditasi dan Non Akreditasi

Jasa ISO merupakan jasa yang dapat membantu perusahaan untuk kesuksesan proses sertifikasi ISO. Dengan jasa ISO ini perusahaan dapat melakukan persiapan hingga proses akhir pengajuan ISO secara lebih mudah karena jasa ini akan terus mendampingi. Saat ini IOS menjadi incaran perusahaan agar nantinya perusahaan tersebut dapat bersaing memperoleh kepercayaan konsumen serta dapat masuk perdagangan internasional.

Dalam memilih lembaga ISO Anda harus cermat karena kini terdapat lembaga ISO akreditasi dan non akreditasi. ISO Akreditasi merupakan lembaga yang saat ini banyak dicari untuk membantu proses audit perusahaan sehingga nantinya perusahaan tersebut bisa diakui berstandar internasional. Tetapi saat ini semakin banyaknya kebutuhan perusahaan yang ingin memiliki sertifikat ISO menjadikan semakin bermunculannya lembaga ISO yang juga Non akreditasi sehingga Anda harus cermat dalam memilih lembaga tersebut.

Membedakan ISO Akreditasi dan Non Akreditasi

Dalam melaksanakan sertifikasi ISO sebaiknya perusahaan harus benar-benar memilih lembaga ISO dengan tepat karena kini ada lembaga ISO akreditasi dan non akreditasi. Pastinya Anda bisa membedakan keduanya karena dengan memilih lembaga ISO akreditasi pastinya sudah bisa terjamin kredibilitasnya. Meskipun pada dasarnya baik yang terakreditasi maupun non akreditasi memiliki fungsi yang sama tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Untuk ISO akreditasi biasanya akan ditawarkan oleh lembaga terpercaya dengan membayar sejumlah biaya yang cukup mahal. Tetapi harga tersebut sesuai dengan kualitas serta keberfungsian sertifikat ISO untuk berbagai keperluan persyaratan perusahaan. Selain itu sertifikat ISO akreditasi biasanya akan memiliki logo akreditasi yang diterbitkan oleh lembaga resmi akreditasi di Indonesia.

Sedangkan untuk ISO non akreditasi biasanya akan ditawarkan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan ISO akreditasi. Jika diamati, sertifikasi ISO non akreditasi biasanya tidak terdapat logo akreditasi. Padahal logo akreditasi ini cukup penting demi kesuksesan perusahaan dalam memasuki persaingan bisnis kelas nasional maupun internasional. Oleh karena bagi perusahaan yang ingin mengajukan sertifikasi ISO sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa ISO.

Saat ini terdapat banyak jasa ISO berpengalaman yang pastinya akan membantu Anda dalam memilih lembaga ISO yang terakreditasi dan profesional. Jasa ISO juga akan membantu Anda mempersiapkan berbagai kebutuhan yang dipersyaratkan oleh lembaga akreditasi tersebut sehingga nantinya proses audit perusahaan dapat berjalan lancar.

Cara Memilih Lembaga ISO

Untuk memperoleh sertifikat ISO dengan logo akreditasi, pastinya Anda harus memilih lembaga ISO dengan cermat. Dimana lembaga ISO yang mengeluarkan sertifikat tersebut juga sudah memperoleh akreditasi dari KAN. Berikut ini akan dijelaskan cara memilih lembaga ISO yang tepat dan perlu Anda ketahui.

1. Seleksi terlebih dahulu beberapa lembaga ISO untuk memperoleh lembaga yang tepat. Hindari kebiasaan memilih lembaga ISO yang menawarkan harga murah karena belum tentu dapat menjamin kualitasnya auditnya. Selain itu lembaga yang murah biasanya merupakan lembaga non akreditasi.

2. Pastikan lembaga ISO yang Anda pilih sudah mengimplementasikan ISO/IEC 17021:2011 dimana standar tersebut merupakan pengakuan akreditasi resmi.

3. Dalam memilih lembaga ISO pastikan pula lembaga tersebut sudah terakreditasi meskipun tidak wajib tetapi sangat penting untuk reputasi sebuah lembaga dan perusahaan. Selain itu, akreditasi juga bisa menjamin kredibilitas serta kompetensi lembaga tersebut sehingga akan semakin dapat dipertanggungjawabkan.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui, bahwa terdapat perbedaan antara lembaga ISO akreditasi dan non akreditasi. Dimana untuk membedakannya terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Selain itu Anda bisa menggunakan jasa ISO untuk membantu Anda memilih lembaga ISO yang tepat sehingga dapat memperoleh sertifikat ISO yang terakreditasi.