Tahapan untuk Memperoleh Sertifikasi ISO

Jasa ISO merupakan salah satu jasa yang dapat membantu perusahaan agar semakin mudah dalam memperoleh sertifikast ISO. Dimana sertifikat ISO ini sangat penting bagi masa depan serta tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dari perusahaan tersebut.

Pastinya memang tidaklah mudah untuk memperoleh sertifikat ini karena terdapat tahapan-tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu. Oleh karena agar setiap tahap dapat dilalui dengan baik oleh setiap perusahaan, dibutuhkan konsultasi dengan pihak Jasa ISO.

Mengenal Tahap dalam Memperoleh Sertifikat ISO

Sebuah perusahaan yang telah memperoleh sertifikat ISO tentu sudah pasti terjamin kualitas baik barang atau jasa yang ditawarkan. Pastinya dari hal ini konsumen menjadi tak ragu lagi untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan yang sudah memiliki ISO. Melihat pentingnya sertifikat ISO dan sulitnya memperoleh sertifikat ini munculah jasa ISO yang siap membantu perusahaan agar lebih mudah memperoleh sertifikat ISO.

Bagi Anda yang saat ini berencana akan melakukan pengajuan sertifikasi ISO sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak jasa ISO. Hal ini bertujuan untuk mempermudah perusahaan Anda dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan mulai dari berkas hingga kebutuhan kesiapan sertifikasi ISO lainnya. Berikut ini akan dijelaskan tahap memperoleh sertifikat ISO yang perlu Anda ketahui.

1. Kick-off Meeting & Gap Analysist

Tahap yang pertama ini dilakukan dengan mengadakan kick-off meeting sebagai awal dilaksanakannya program serta sebagai langkah mensosialisasikan program tersebut pada seluruh karyawan yang akan melaksanakan sertifikasi ISO. Para karyawan harus memberikan komitmennya serta mengetahui gambaran awal tentang kegiatan ISO yang akan dilaksanakan.

Selain itu harus dilakukan Gap analysist agar diketahui adanya kesenjangan antara persyaratan dengan sistem pada manajemen mutu ISO sesuai kondisi perusahaan. Jasa ISO biasanya akan membantu perusahaan dalam melakukan analisis proses, dokumentasi hingga persiapan berkas yang dibutuhkan.

2. Penyusunan Dokumen serta pemenuhan persyaratan ISO

Bagi Anda yang menggunakan jasa ISO tentu akan lebih mudah karena jasa ini akan memberikan informasi pada Anda mengenai dokumen apa saja yang dibutuhkan sebagai bagian dari persyaratan sertifikasi ISO.

3. Sosialisasi dan Implementasi Standar dan Prosedur

Setelah desain dan dokumentasi sistem manajemen mutu ISO sudah berhasil diselesaikan, tahap berikutnya adalah mengkomunikasikan penghargaan serta memberikan pujian bagi semua pihak yang terlibat. Berikutnya adalah mensosialisasikan prosedur serta instruksi kerja yang sedang berlaku pada sistem manajemen mutu yang harus benar-benar dipahami oleh setiap karyawan.

4. Evaluasi sistem Manajemen

Dalam melakukan evaluasi ini harus diperlukan adanya audit internal dan diawali dengan training ISO 9001 internal audit terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya proses audit diharapkan dapat mencapai hasil sesuai keinginan dan harapan perusahaan. Dilakukannya internal audit ini memang sangatlah penting karena audit ini akan membantu penilaian kesesuaian, evaluasi efektivitas, dan identifikasi kemungkinan perbaikan. Selain itu audit internal ini juga berfungsi sebagai bahan perbandingan sistem mutu dengan persyaratan berstandar yang berlaku. Kemudian hasil audit akan disampaikan dalam rapat Tinjauan Manajemen untuk diperoleh perbaikan apa saja yang harus dilakukan lagi.

5. Pelaksanaan sertifikasi

Jika seluruh persiapan sudah selesai dilaksanakan, tahap berikutnya adalah mengundang pihak badan sertifikasi dari ISO. Badan sertifikasi dari ISO ini nantinya akan menilai sistem manajemen mutu ISO pada perusahaan Anda. Pihak audit eksternal ini akan menemukan audit perusahaan Anda. tak perlu khawatir dengan adanya jasa ISO temuan tersebut akan bisa ditindaklanjuti dengan baik sehingga perusahaan Anda bisa memperoleh sertifikat.

Melalui penjelasan dapat diketahui tahap dalam memperoleh sertifikasi ISO yang perlu diketahui oleh perusahaan yang hendak merencanakan pengajuan sertifikasi ISO. Meskipun tahapan yang harus Anda lalui memang cukup panjang tetapi tak perlu khawatir karena telah hadir jasa ISO yang siap membantu perusahaan mempersiapkan dan melalui setiap tahapan tersebut dengan mudah dan lancar.