3 Persiapan untuk Menghadapi Audit Sertifikasi ISO 14001: 2015

Semua pihak tentunya peduli dengan lingkungannya, sehingga ada juga permintaan peningkatan organisasi untuk menunjukkan rasa tanggung jawabnya terhadap lingkungan. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar perusahaan bisa ikut andil dalam pelestarian lingkungan adalah dengan ISO 14001. Nah di bawah ini ada beberapa cara persiapan audit sertifikasi ISO 14001: 2015.

  1. Komitmen Dalam Manajemen Puncak

Dukungan dari manajemen adalah hal yang sangat penting. Tanpa adanya dukungan ini, penerapan ISO 14001 hampir bisa pastikan akan gagal. Manajemen puncak wajib menunjukkan komitmen serta tekad untuk menerapkan sistem dari manajemen lingkungan yakni ISO 14001 di dalam organisasi.

Tanpa komitmen pada manajemen puncak, tidak terdapat inisiatif lingkungan yang nantinya dapat berhasil. Manajemen puncak wajib diyakinkan jika sertifikasi akan memungkinkan organisasi menunjukkan pada semua pihak yang memiliki kepentingan komitmen secara nyata terhadap lingkungan.

  1. Membentuk Tim Implementasi ISO

ISO 14001:2015 pada dasarnya tidak mewajibkan ada wakil manajemen pada penerapan ISO 14001. Namun dalam praktiknya wakil manajemen maupun tim ISO masih dibutuhkan untuk menerapkan serta menjalankan ISO 14001. Bisa saja terdiri dari satu maupun beberapa orang tergantung pada kompleksitas suatu organisasi.

Orang-orang yang bergabung ke dalam team ini bertugas untuk koordinator perencanaan, implementasi serta mengawasi pelaksana ISO 14001. Demi kelancaran proses persiapan ISO, selalu pastikan posisi ini sudah diisi seseorang yang memang mengerti perusahaan, memahami persyaratan dari ISO 14001, dokumen kontrol dan orang kepercayaan perusahaan.

  1. Memulai Program Kesadaran dan Pelatihan ISO 14001

Program kesadaran diawali pada adanya komunikasi secara resmi rencana organisasi dalam mempersiapkan sertifikasi ISO 14001, serta melakukan komunikasi kepada seluruh karyawan tujuan pada sistem manajemen lingkungan ISO 14001.

Selain itu juga keuntungan yang ditawarkannya pada karyawan, pelanggan, maupun organisasi; bagaimana cara dengan kerjanya; dan peran serta tanggung jawab mereka pada sistem. Program kesadaran wajib menekankan manfaat yang akan diharapkan organisasi serta diwujudkan lewat sistem manajemen lingkungan ISO 14001 itu sendiri.

Bagaimana Anda sudah siap untuk hal ini? Jika belum tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa cara persiapan audit sertifikasi ISO 14001: 2015 di atas. Lebih baik dipersiapkan sejak dini sehingga bisa lebih matang saat diaudit daripada tidak sama sekali.