Audit Sertifikasi ISO 14001: 2015 dan Hal yang Harus Disiapkan

Anda dan perusahaan Anda tentu harus peduli dengan keadaan lingkungan. Karena hal itu merupakan tanggung jawab Anda dan perusahaan Anda di mana proses produksi dilakukan. Ada cara yang merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar perusahaan Anda dapat berperan serta di dalam melestarikan lingkungan yaitu dengan cara menerapkan ISO 14001. Berikut cara-cara untuk mempersiapkan audit sertifikasi ISO 14001: 2015.

Mendapatkan support dari manajemen merupakan hal yang sangat penting. Apabila Anda tidak mendapatkannya maka penerapan ISO 14001 bisa gagal sama sekali. Karena menunjukkan tekad dan komitmen dalam penerapan system dari manajemen lingkungan berupa ISO 14001 ini dalam organisasi sangat esensial.

Tidak ada nya komitmen pada titik puncak manajemen, maka inisiatif terhadap lingkungan akan lemah dan mengakibatkan kegagalan. Sertifikasi ISO 14001: 2015 harus mampu meyakinkan puncak manajemen bahwa hal ini dapat dijadikan sebuah real action yang bisa ditunjukkan kepada semua pihak.

ISO 14001:2015 pada dasarnya tidak mengharuskan adanya tim atau wakil manajemen pada penerapan ISO 14001 ini. Namun praktiknya di lapangan bahwasanya wakil manajemen maupun tim ISO masih tetap diperlukan guna penerapan serta mengimplementasikan ISO 14001 ini. Tim ini dapat terdiri dari satu atau mungkin hanya beberapa orang dan hal ini bergantung kepada kompleksitas suatu organisasi di dalam perusahaan.

Orang-orang yang menjadi bagian tim akan bertugas sebagai tim koordinator perencanaan, implementasi dan juga mengawasi pelaksanaan sertifikasi ISO 14001 ini di dalam perusahaan. Agar supaya mendapatkan kelancaran di dalam proses persiapan ISO tersebut, agar selalu untuk memastikan posisi ini sudah terisi seseorang yang memang paham terhadap perusahaan, memahami persyaratan dari ISO 14001, dokumen kontrol dan orang mereka adalah kepercayaan perusahaan.