Jangan Bingung! Ini Perbedaan ISO 14001 dan 50001

Mungkin beberapa pihak masih bingung dengan perbedaan ISO 14001 dan ISO 50001. Ya kedua memang lebih dekat pada sistem pengendalian lingkungan dan juga penggunaan energi. Supaya tidak merasa bingung lagi di bawah ini ada beberapa perbedaan di antara keduanya mulai dari manfaat, pengertian dan hal lainnya,

  1. Mengenal Lebih Jauh ISO 14001 dan ISO 50001

ISO 14001 merupakan sebuah spesifikasi internasional yang mana sistem manajemen lingkungan (SML) membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, memprioritaskan, serta mengatur risiko-risiko lingkungan sebagai suatu bagian dari adanya praktik bisnis normal.

ISO 50001 merupakan standar yang dipakai oleh organisasi atau perusahaan dalam mengelola kinerja energi. Hal ini juga termasuk dengan efisiensi maupun konsumsi energi yang mana menggunakan model dari Sistem Manajemen serta pendekatan siklus Plan, do, check, action dalam perbaikan yang berkelanjutan.

  1. Perbedaan Dilihat dari Manfaatnya

Manfaat ISO 14001

  • Mengurangi biaya; sebab ISO 14001 menuntut perusahan atau organisasi untuk memiliki komitmen perbaikan secara terus menerus, maka penetapan objektif akan perbaikan tersebut nantinya bisa membantu mendorong pemakaian bahan mentah lebih efisien jadi biaya bisa dikurangi.
  • Mengatur kepatuhan pada hukum; sertifikasi ISO 14001 dapat membantu perusahaan dan organisasi dengan cara mengurangi upaya yang dibutuhkan dalam mengatur kepatuhan hukum serta manajemen risiko lingkungan dilakukan perusahaan

Manfaat ISO 5001

  • Perusahaan bisa mengembangkan kebijakan dalam pemakaian energi yang lebih efisien
  • Menetapkan target akan efisiensi energy serta tujuan dalam memenuhi kebijakan
  • Memakai data agar dapat lebih memahami serta membuat keputusan mengenai konsumsi energi
  • Mengukur hasil dari perbaikan yang ada di efisiensi energi
  • Meninjau efektivitas dari kebijakan energi
  • Terus meningkatkan sistem manajemen energi
  • ISO 50001 mendukung adanya pengembangan kebijakan serta kontribusi energi sebagai struktur rencana energi yang dapat mencapai target.
  • ISO 50001 memberikan fasilitas keterlibatan atau komitmen dan kesepakatan dari manajemen serta mempunyai kontribusi positif pada target energi.

Di atas adalah gambaran singkat dari perbedaan ISO 14001 dan ISO 50001 yang dilihat dari pengertian dan juga manfaatnya masing-masing. Dari sini kamu pun bisa memilih jenis ISO mana yang paling tepat untuk diterapkan pada perusahaan atau organisasi.