Kelebihan Menggunakan HACCP untuk Industri Susu

Susu merupakan produk yang dibutuhkan oleh semua orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Industri susu perlu menerapkan metode HACCP agar proses produksinya bisa berjalan dengan baik. Ini kelebihan menggunakan HACCP untuk industri susu yang akan kamu dapatkan.

Prinsip HACCP yang Terstruktur

Ada prinsip yang sangat bagus diterapkan di dalam HACCP yaitu pertama membantu mengindentifikasi potensi bahaya dari produksi susu. Proses penilaian akan dilakukan untuk mengetahui hasilnya secara maksimal dan menentukan tindakan pengendalian.

Prinsip kedua akan ada tahap operasional untuk dikendalikan agar dapat menghilangkan bahaya selama produksi susu. Mulai dari bahan baku yang akan digunakan sampai produk susunya nanti selesai. Prinsip ketiga HACCP akan menetapkan batas kritis untuk menjamin kendali selama proses produksi. 

Prinsip keempat HACCP menetapkan prosedur verifikasi yang akan melakukan pengujian produk dengan efektif. Serta prinsip yang tak terlupakan yaitu mengembangkan dokumentasi semua prosedur agar berjalan sesuai dengan sistemnya.

Terjaminnya Keamanan Peternakan Susu

Susu merupakan produk yang didapatkan dari hewan seperti sapi. Penggunaan HACCP akan membantu untuk bisa menjamin keamanan peternakan susu untuk industri susu yang sedang dijalankan. HACCP akan membantu kamu akan kejelasan langkah dan prosedur yang diaplikasikan untuk mencegah terjadinya bahaya selama proses pembuatan susu.

 Terhindar dari Bahaya Pangan

HACCP untuk industri susu akan sangat membantu hasil produk susunya terhindar dari bahaya pangan. Mulai dari bahaya kimia yaitu obat-obatan kimia, antibiotik, dan pestisida. Industri susu kamu juga akan terhindar dari bahaya biologi seperti bakteri, parasit, dan berbagai virus penyebab penyakit yang dapat terjadi pada hewan penghasil susunya.

Selanjutnya juga sangat bermanfaat untuk mencegah peternakan susu dari bahaya fisika yaitu debut, lalat, atau rambut selama proses pembuatan susu. HACCP akan membuat produk susu yang dihasilkan berkualitas dan memiliki mutu yang terpercaya.

HACCP untuk industri susuakan mengontrol dari mulai pemilih sapi perah yang akan digunakan. Kondisi kebersihan kadang dan jenis pakan yang diberikan agar hasil susunya mengandung nutrisi terbaik. Selain itu juga mengingatkan kamu untuk melakukan vaksinasi kepada sapi agar tidak menjadi kendala dalam pembuatan produk susu nantinya.