Keuntungan Penerapan ISO 9001 bagi Pelaku UKM

Iklim usaha yang semakin sengit membuat pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) harus berlomba merebut hati konsumen. Salah satu caranya adalah merebut kepercayaan konsumen melalui standarisasi sistem manajemen mutu ISO 9001. Apa itu ISO 9001? Apa manfaat ISO 9001 untuk UKM? Berikut ulasannya.

Apa itu ISO 9001?

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu yang ditujukan untuk membantu sebuah perusahaan dalam memastikan produk atau jasa yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik (standar) dan konsisten. Jika sebuah lembaga sudah mendapatkan sertifikasi ISO, artinya produk/jasa yang dihasilkan sudah sesuai standar internasional.

Apakah UKM bisa mendapatkan ISO 9001? Standarisasi ini bersifat generik, yang artinya dapat diterapkan pada berbagai organisasi, mulai dari organisasi kecil atau besar, penyedia produk atau jasa, perusahaan swasta, layanan publik, hingga departemen pemerintah.

Manfaat Bagi Perusahaan UKM

ISO 9001 memastikan sebuah perusahaan menjalankan sistem manajemen mutu yang baik. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, yang tentu akan berimplikasi pada kepercayaan konsumen. Selain itu, sistem manajemen mutu yang baik membuat biaya yang dikeluarkan lebih efisien, sehingga keuntungan pun meningkat.

Produk atau jasa dengan kualitas yang baik serta harga jual yang lebih murah karena efisiensi produksi, tentu akan meningkatkan daya saing dan menjadi lebih kompetitif. Hal ini tentu saja tidak hanya berdampak pada konsumen, tapi juga pada rekananan bisnis.

ISO 9001 yang bersifat internasional dan berlaku sama di belahan dunia manapun. Hal ini dapat membuka peluang untuk melakukan ekspor. Selain itu, sertifikasi ISO 9001 juga dapat membantu Anda berkompetisi dengan perusahaan-perusahan besar karena standar yang digunakan sama.

Standar ISO juga dapat mempermudah anda dalam mengajukan perizinan dan menjalankan usaha sesuai dengan peraturan di suatu negara. Hal ini disebabkan, sistem manajemen mutu ISO dibuat oleh perwakilan setiap negara. Alhasil, peraturan dari sebuah negara umumnya selaras dengan standarisasi ISO.

Demikian ulasan singkat pengertian dan manfaat ISO 9001 untuk UKM. Meskipun memiliki banyak manfaat, mendapatkan sertifikat ISO cukup sulit karena peraturannya yang sangat ketat. Namun tak perlu khawatir, konsultan ahli jasaiso.id siap mendampingi anda untuk mendapatkan sertifikasi ISO.