Manfaat Implementasi ISO 14001 bagi Pelanggan

ISO 14001 merupakan standar internasional yang menentukan persyaratan dalam pendekatan manajemen yang terstruktur untuk perlindungan lingkungan. Selain bermanfaat bagi perusahaan, implementasi ISO 14001 juga memiliki manfaat bagi konsumen. Apa saja manfaat 14001 bagi konsumen perusahaan Anda? berikut ulasannya.

Memastikan Perusahaan Peduli Terhadap Lingkungan

Tak sedikit kerusakan lingkungan terjadi akibat kurang pedulinya sebuah perusahaan penghasil produk maupun menyedia jasa terhadap lingkungan. Hal ini dapat membuat konsumen kehilangan kepercayaan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Implementasi ISO 14001 merupakan salah satu cara mendapatkan pengakuan konsumen tentang kepedulian lingkungan.

Akreditasi ISO 14001 yang bersifat internasional dan independen tanpa campur tangan pihak manapun, menjadi bukti bahwa sebuah perusahaan telah menjalankan bisnisnya sesuai dengan standar yang ditetapkan dan tidak berdampak pada lingkungan. Artinya implementasi ISO 14001 meyakinkan konsumen tentang komitmen perusahaan dalam menjaga lingkungan.

Memastikan Konsumen akan Keamanan Produk

Manfaat lain dari implementasi ISO 14001, yaitu konsumen dapat memastikan bahwa produk atau jasa yang mereka gunakan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, terutama untuk produk yang diaplikasikan pada tubuh.

Mengapa demikian? ISO 14001 adalah sistem manajemen perusahaan yang bertujuan untuk memastikan proses yang digunakan serta produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, termasuk pencegahan pencemaran.

Pencemaran lingkungan disebabkan oleh penggunaan bahan-bahan berbahaya. Artinya jika pencemaran lingkungan berkurang berarti penggunaan bahan-bahan berbahaya dalam proses pembuatan suatu produk juga berkurang, yang tentu akan menghasilkan produk yang lebih aman.

Membuat Harga Barang Lebih Murah

Selain mencegah kerusakan lingkungan, ISO 14001 juga dapat membantu sebuah perusahaan menghemat energi dan masukan bahan, serta mengurangi insiden yang dapat menyebabkan perusahaan terkena sanksi berupa denda. Selain itu, Kontrol lingkungan yang baik akan membantu perusahaan mendapatkan asuransi dengan biaya yang relatif lebih murah.

Semua hal tersebut tentu akan menyebabkan efisiensi biaya produksi dan pengeluaran perusahaan. Efisiensi tersebut akan berimplikasi pada harga jual yang lebih murah sehingga konsumen perusahaan Anda pun akan diuntungkan.

Itulah beberapa manfaat 14001 bagi konsumen perusahaan Anda. Selain konsumen, Anda sebagai pelaku usaha dan rekanan bisnis juga akan turut mendapatkan manfaat dari implementasi ISO 14001. Jika perusahaan Anda ingin mendapatkan akreditasi ISO 14001, jasaiso.id siap mendampingi dan memberikan konsultasi untuk mendapatkan akreditasi tersebut.