Manfaat Penerapan Sertifikasi ISO 14001

Organisasi atau perusahaan yang menggunakan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 adalah pihak yang hendak mengurangi dampak dari pencemaran lingkung. Hal ini juga berlaku sama dengan perusahaan tambang. Nah di bawah ini ada beberapa manfaat ISO 14001 untuk perusahaan secara garis besar dan bukan hanya manfaat ISO 14001 untuk perusahaan tambang.

  1. Meningkatkan Image yang Positif Pada Perusahaan

Organisasi yang telah menerapkan serta mengimplementasikan adanya sistem manajemen lingkungan ISO 14001 bahkan juga telah memperoleh sertifikat ISO 14001 bisa artikan jika perusahan dan organisasi tersebut memang sudah mengikuti kewajibannya sebagai persyaratan lingkungan yang mana hal hal ini dapat menjadikan perusahaan jadi lebih menarik.

Menarik yang dimaksud di sini adalah menarik calon pelanggan serta stakeholder. Kesempatan dalam mendapatkan pelanggan baru nantinya lebih banyak sebab adanya jaminan yang ada dari organisasi dapat menangani berhentinya potensi operasi yang mana diakibatkan oleh insiden lingkungan.

  1. Operasional Jadi Lebih Efektif

Prosedur yang berkaitan dengan Sistem Manajemen Lingkungan yakni ISO 14001 bisa membantu perusahaan bekerja dengan lebih efektif serta teratur dalam pengendalian pencemaran. Bukan hanya itu saja namun juga bisa mengevaluasi pengelolaan lingkungan, efisiensi dari penggunaan sumber daya, meningkatkan adanya komunikasi pada internal dan eksternal perusahaan.

  1. Menekan Biaya Operasional

Dengan Sistem Manajemen Lingkungan dari ISO 14001 perusahaan pun mulai dituntut untuk dapat mengidentifikasi aspek lingkungan, contohnya saja limbah, diharapkan bisa melakukan pengurangan akan adanya limbah. Secara otomatis limbah pun bisa berkurang sehingga dapat menurunkan biaya sebagai anggaran dari proses pengolahan limbah perusahaan.

  1. Sesuai dengan peraturan

Dalam ISO 14001:2015 adanya syarat untuk mengidentifikasi peraturan dari perundang-undangan serta persyaratan yang lainnya dan mengambil tindakan sebagai perbaikan maupun pemenuhan. Sehingga hal ini bisa memastikan jika perusahaan sudah mengikuti peraturan-peraturan berlaku. Selain itu juga terjamin terhindar akan sanksi serta tindakan yang nantinya melanggar hukum.

Di atas adalah beberapa manfaat sistem manajemen lingkungan ISO 14001 secara garis besar atau umum. Selain manfaat ISO 14001 untuk perusahaan tambang, beberapa hal di atas juga menjadi manfaat bagi perusahaan dan organisasi yang sudah menerapkan ISO 14001,